crystal x
Home » , , » Bahaya Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes

Bahaya Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes

Kami senang jika informasi ini bermanfaat buat Anda. Jangan lupa Like & Share yaa.
Info Penyakit - Bahaya Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes


Karbohidrat atau Hidrat Arang biasanya disebut zat tepung. Sebagian besar tenaga kita berasal dari zat tepung atau hidrat arang. Hidrat arang atau zat tepung memberi kita rasa kenyang. Tidak heran kalau pekerja berat makan nasinya juga banyak. Zat tepung berasal dari padi, terigu, sayur jagung, ubi jalar, singkong, sagu, kentang, dan talas. Zat tepung seluruhnya berasal dari tumbuh-tumbuhan. 

Karbohidrat dibagi dalam dua kelompok, yaitu Karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat Sederhana yang disebut juga monosakarida terdiri dari glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Unsur ini sangat sedikit terdapat dalam bahan makanan sehari-hari. Namun jika monosakarida-monosakarida bergabung membentuk disakarida, barulah terdapat banyak dalam bahan makanan. Seperti misalnya sukrosa, maltosa dan laktosa. Sehari-hari, sukrosa dikenal sebagai gula pasir. Karbohidrat sederhana lazimnya dikenal sebagai gula. 

Makanan yang Banyak Mengandung Hidrat Arang

a. Sumber hidrat arang komplex nasi, ketan, lontong, Jagung, roti, ubi, singkong, talas, sagu, bihun, mie, dan makanan dan tepung.

b. Gula murni dan makanan yang diolah dengan menggunakan gula murni, seperti : gula pasir, gula jawa, madu, sirup, limun, dodol, coklat, coca-cola, susu kental manis, es cream, kue-kue manis, tarcis, buah dalam kaleng, dan sebagainya.


Apa Resiko Kelebihan Karbohidrat?


Kelebihan karbohidrat sangat beresiko dengan berbagai penyakit. Penyakit ini mungkin tidak akan segera disadari karena kebiasaan mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang tinggi. Kurangnya kesadaran mengkonsumsi pengganti karbohidrat juga menjadi pemicu. 


Berikut ini adalah beberapa resiko mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

1. Diabates Tipe 2
Ketika mengkonsumsi kaRbohidrat dalam jumlah yang berlebihan maka kandungan glukosa yang didapatkan untuk tubuh juga semakin tinggi. Glukosa adalah zat gula yang digunakan oleh tubuh dan otak untuk bisa terus bekerja. Glukosa yang dihasilkan dalam proses ini juga akan keluar dari saluran pencernaan dan masuk ke dalam aliran darah. Ketika ada banyak kadar gula dalam darah maka pankreas membutuhkan hormon yang lebih banyak untuk menghasilkan insulin.
Kemudian jika kondisi terus berlanjut maka bisa menyebabkan kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi atau lebih sering disebut dengan diabetes tipe 2. Hal-hal yang mesti diwaspadai dari diabetes yakni :
  • bahaya diabetes
  • diabetes basah
  • diabetes kering

2. Penumpukan Karies Gigi
Karies gigi adalah sebuah masalah yang terjadi karena jaringan keras gigi mengalami kerusakan. Akibat kelebihan karbohidrat dalam saluran makan atas meninggalkan zat asam yang terlalu lama tinggal di dalam gigi. Akibatnya maka lapisan enamel gigi akan hancur secara perlahan. Bakteri yang ada dalam mulut akan semakin suka karena ada banyak asam yang dihasilkan oleh zat yang tertinggal pada gigi. Untuk mengatasi hal ini maka bisa sering menggosok gigi dan perawatan rutin ke dokter gigi.

3. Penyakit Jantung
Kandungan triglisrida pada orang yang sering mengkonsumsi karbohidrat ternyata jumlahnya sangat tinggi. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang tidak sehat untuk tubuh dan mengalir dalam darah. Konsumsi karbohidrat bisa menyebabkan tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh sehingga juga bisa meningkatkan berbagai jenis penyakit jantung seperti pengerasan arteri, stroke, gejala penyakit jantung koroner dan jenis penyakit lain yang menyerang organ jantung.
Serangan jantung ini juga bisa berakibat pada :
  • cepat lelah dan jantung berdebar
  • penyebab jantung berdebar-debar
  • penyebab keringat dingin


Tujuan Terapi Enzim Untuk Diabetes Mellitus
Menyesuaikan makanan dengan kesanggupan tubuh untuk menggunakannya sehingga membantu Anda :
a. Menurunkan gula darah mendekati normal
b. Menurunkan gula dalam urine menjadi negatif
c. Mencapal berat badan normal
d. Dapat melakukan pekerjaan sehari-hari seperti biasa.

Untuk konsultasi atasi Diabetes dengan keajaiban enzim tubuh, langsung chat aja ya ke 087834294702

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Info Penyakit & Obatnya - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger